Setiap wisatawan yang berlibur ke suatu daerah biasanya ingin membawa buah tangan atau oleh-oleh. Bentuknya bisa bermacam-macam. Ada yang berupa pakaian jadi, kain, kerajinan tangan, atau kuliner khas daerah tersebut. Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki oleh-oleh yang unik dan menarik adalah Makassar. Maka dari itu, ketika berkunjung ke sana, jangan lupa membeli oleh-oleh khas Makassar.

Lalu, apa saja oleh-oleh khas Makassar yang bisa Anda bawa? Daftar di bawah ini akan membantu Anda untuk menentukan pilihan.

1. Bannang-bannang

Salah satu oleh-oleh khas Makassar yang ikonik adalah Bannang-bannang. Bentuknya menyerupai benang kusut yang kemudian dilipat sedemikian rupa sehingga membentuk seperti lumpia. Warnanya coklat tua karena dari gula aren. Rasanya pun tentu saja manis.

Camilan ringan ini dibuat dengan dua cara: tradisional dan modern. Selain menjadi oleh-oleh, Bannang-bannang sering dibuat sebagai makanan untuk upacara pernikahan di Kota Makassar.

2. Dangke

Apakah Anda pernah minum susu kerbau? Jika pernah, bagaimana rasanya? Tentu tidak jauh beda dengan susu sapi? Tapi kalo susu kerbau dimakan, bagaimana? Ini yang menarik.

Di Makassar, Anda bisa mendapatkannya. Namanya adalah Dangke. Fermentasi susu kerbau yang dicampur dengan keju. Cara pembuatannya memang tidak mudah. Susu kerbau direbus kemudian diberi getah pepaya. Lalu, didinginkan dan dimasukkan wadah kecil.

Setelah padat, dangke bisa dibakar, dibuat kerupuk, atau dicampur dengan beras ketan. Rasanya sungguh menggoda. Anda bisa membawanya sebagai bagian dari oleh-oleh khas Makassar.

3. Kerupuk Jintan

Salah satu oleh-oleh khas Makassar yang diincar banyak wisatawan adalah Kerupuk Jintan. Makanan yang berbahan dasar sagu ini cukup renyah jika dimakan. Oleh karena itu, tidak heran orang lokal menyebutnya sebagai kerupuk. Bentuknya oval dan berwarna kuning cerah. Anda bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh sepanjang daerah Makassar.

4. Baruasa

Apa oleh-oleh khas Makassar yang mudah dibawa oleh wisatawan? Ada pilihan yang menarik yaitu Baruasa. Bahan dasar Baruasa adalah tepung beras, kelapa parut, dan telur. Hasilnya, akan berbentuk bulat. Maka, sering juga dikatakan bahwa Baruasa adalah kue bulat.

Kue ini sering digunakan dalam acara pernikahan maupun lebaran. Anda pun sangat mudah untuk menemukannya karena banyak toko oleh-oleh yang menjual Baruasa.

5. Bagea

Rasa dari kue yang satu ini cenderung manis dan gurih. Bagea terbuat dari tepung sagu yang kemudian dibuat agak lonjong. Cara mencicipinya yang paling nyaman adalah mencampurkannya dengan teh. Anda cukup mencelupkan ke dalam teh kemudian memakannya.

Bagea mudah ditemukan di berbagai toko di Makassar. Makanan ini amat digemari oleh anak-anak mudah karena renyah.

6. Beppa Tori

Oleh-oleh khas Makassar yang satu ini boleh dibilang asli dari Toraja. Namun demikian, Anda cukup mudah mendapatkannya di berbagai toko di Makassar. Bahan dasar dari Beppa Tori adalah gula merah dan tepung terigu. Nama lain dari Beppa Tori adalah kue cucur. Namun, ada pula yang menyebutnya seperti churros, panganan asal Meksiko.

7. Sirup Markisa

Jika Anda ingin membawa oleh-oleh khas Makassar yang berbahan dasar cair, Sirup Markisa adalah jawaban yang tepat. Orang lokal menyebutnya sebagai Sirup Markisa Malino karena buah ini tumbuh di perkebunan Malino. Ada rasa manis yang dihadirkan dan kandungan vitamin yang mampu menyehatkan tubuh.

8. Kopi Toraja

Meskipun bukan produk asli Makassar, nyatanya, oleh-oleh khas yang satu ini mudah ditemukan di toko oleh-oleh Makassar. Kopi Toraja adalah salah satu kopi terbaik yang dimiliki oleh Indonesia. Maka, jika ada sahabat atau keluarga yang menjadi pencinta kopi, jangan ragu bawakan Kopi Toraja untuk mereka.

Inilah delapan oleh-oleh khas Makassar yang bisa menjadi rekomendasi Anda. Ketika Anda berkunjung ke sana, pastikan selalu mematuhi protokol kesehatan. Kemudian, jika Anda ingin mengetahui apa saja wisata di Makassar, Anda bisa melihatnya di sini.

By Badrun