Untuk Anda yang ingin membeli asuransi mobil 2021, maka perlu mengenal istilah penting dalam asuransi mobil yaitu salah satunya istilah biaya deductible atau own risk. Dimana, istilah ini tidak banyak diketahui terutama untuk yang baru membeli polis asuransi. Padahal istilah deductible ini perlu Anda ketahui agar benar-benar bisa merasakan perlindungan dari adanya pembelian asuransi.

Mengenal Biaya Deductible

Biaya deductible ini besaran nilainya dipengaruhi oleh biaya premi. Jadi bisa dibilang semakin besar biaya premi untuk asuransi mobil 2021, maka semakin rendah biaya deductible dan sebaliknya. Biaya deductible ini perlu Anda bayarkan ketika akan ajukan klaim. Namun perlu diketahui pula, biaya deductible hanya akan dibayarkan ketika anda melakukan klaim atas kerusakan mobil yang disebabkan oleh kerusakan fisik. Biaya deductible tidak akan berlaku bagi mobil yang mengalami kerugian akibat non fisik.

Untuk pembayaran deductible biasanya dilakukan dengan memotong uang pertanggungan yang diberikan dan sesuai dengan yang ada tertera pada buku polis asuransi.

Tujuan Dikenakan Biaya Deductible

Ada beberapa kondisi mengapa perlu dikenakan biaya deductible. Seperti berikut ini.

  • Biaya deductible diberikan agar pemilik kendaraan bisa berhati-hati dalam mengendarai mobilnya. Adanya biaya own risk ini maka pengendara bisa sadar bahwa tidak ada biaya perbaikan yang gratis 100%.
  • Biaya deductible pada perusahaan asuransi untuk menghindari klaim asuransi yang kecil. Jadi pemilik polisi tidak akan bisa mengajukan klaim jika kerugiannya hanya puluhan ribu saja. Fungsi deductible sendiri adalah untuk menghindari proses administrasi klaim dengan jumlah yang kecil. Biaya ini juga mengingatkan Para pemilik kendaraan untuk hati-hati dalam berkendara meski sudah punya polis asuransi, tetapi anda tidak boleh semena-mena dalam ajukan klaim.

Poin Ketentuan Yang Wajib Diperhatikan

Untuk biaya own risk atau deductible, anda perlu memperhatikan beberapa poin ketentuan. Seperti berikut ini.

  • Biaya per kejadian, biaya untuk deductible umumnya 300 ribu dan dihitung per kejadian. Jadi jika anda lakukan klaim asuransi dan alami beberapa kerusakan yang terpisah maka akan dikenakan biaya deductible lebih dari satu kali. Misalnya mobil mengalami baret atau penyok pada kejadian yang berbeda dan terpisah, biaya deductible yang perlu dibayar adalah dua kali.
  • Penyebab kejadian, perlu juga diperhatikan bahwa pembayaran biaya deductible ini harus dibayarkan jika terjadi kecelakaan seperti benturan. Tetapi jika kecelakaannya berupa kerusakan dari bencana alam, huru-hara dan gempa maka nilai Inggrisnya jadi lebih besar. Yaitu sebesar 10% dari nilai klaim yang disetujui.
  • Jenis kendaraan, biaya deductible juga bisa didasarkan pada jenis kendaraan. Misalnya untuk mobil pribadi yang umum seperti SUV, sedan dan minibus akan dikenakan biaya own risk sebesar 300 ribu. Sementara untuk jenis kendaraan pribadi bertipe pick up, bus dan truk maka anda akan dikenakan biaya deductible sebesar 500 ribu.

Ini tentu anda sudah tahu istilah dalam asuransi mobil terutama untuk asuransi mobil 2021 yakni biaya deductible yang harus dibayarkan pada kondisi tertentu. Kini tentu anda bisa memahami pentingnya mengetahui istilah-istilah dalam asuransi mobil sebelum membeli polis asuransi. Untuk yang berencana beli polis asuransi pada perusahaan terbaik dan terpercaya, maka anda bisa mengunjungi Lifepal. Di Lifepal, Anda bisa mendapatkan premi termurah dengan perbandingan polis asuransi antara perusahaan yang satu dengan perusahaan asuransi lain.

Jika anda berkeinginan untuk membeli asuransi kesehatan, Lifepal menyediakan kategori asuransi kesehatan milik pemerintah ini dengan promo menarik berupa diskon. Yang akan anda dapatkan yakni senilai 30%.

By Badrun